Minggu, 03 April 2011

MAKALAH Konsep Kependudukan di Indonesia

BAB I

PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan jumlah penduduk yang banyak. Dapat dilihat dari hasil sensus penduduk yang semakin tahun semakin meningkat. Dalam pengetahuan tentang kependudukan dikenal sebagai istilah karakteristik penduduk yang berpengaruh penting terhadap proses demografi dan tingkah laku sosial ekonomi penduduk. (bahan kuliah dan makalah kesehatan)

Dibanding dengan negara-negara yang sedang berkembang lainnya, Indonesia menempati urutan ketiga dalam jumlah penduduk setelah Cina dan India. Indonesia merupakan negara yang sedang membangun dengan mempunyai masalah kependudukan yang sangat serius disertai dengan, yaitu jumlah penduduk yang sangat besar disertai dengan tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi dan persebaran penduduk yang tidak merata. Jumlah penduduk bukan hanya merupakan modal , tetapi juga akan merupakan beban dalam pembangunan. .

Pertumbuhan penduduk yang meningkat berkaitan dengan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat. Pengetahuan tentang aspek-aspek dan komponen demografi seperti fertilitas, mortalitas, morbiditas, migrasi, ketenagakerjaan, perkawinan, dan aspek keluarga dan rumah tangga akan membantu para penentu kebijakan dan perencana program untuk dapat mengembangkan program pembangunan kependudukan dan peningkatan ksesejahteraan masyarakat yang tepat pada sasarannya.

Masalah utama yang dihadapi di bidang kependudukan di Indonesia

adalah masih tingginya pertumbuhan penduduk dan kurang seimbangnya penyebaran dan struktur umur penduduk. Program kependudukan dan keluarga

berencana bertujuan turut serta menciptakan kesejahteraan ekonomi dan sosial bagi seluruh masyarakat melalui usaha-usaha perencanaan dan pengendalian penduduk. Dengan demikian diharapkan tercapai keseimbangan yang baik antara jumlah dan kecepatan pertambahan penduduk dengan perkembangan produksi dan jasa.

2. RUMUSAN MASALAH

Dalam hal ini, demografi menitik beratkan perhatiannya terhadap hal utama yang dapat diamati, yaitu:

1. Pengertian Penduduk

2. Dinamika Kependudukan

3. Faktor-faktor Demografik yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk

4. Transisi Demografik

3. TUJUAN

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pelayanan KB pada jurusan D3 Kebidanan Semester IV

4. MANFAAT

Manfaat dari penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui Konsep kependudukan Indonesia.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

1. PENGERTIAN PENDUDUK

Penduduk adalah Mereka yang berada di dalam dan bertempat tinggal atau berdomisili di dalam suatu wilayah Negara ( Menetap ) – Lahir secara turun temurun & besar di Negara itu

Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:

1. Orang yang tinggal di daerah tersebut

2. Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.

Ilmu yang mempelajari tentang masalah kependudukan adalah Demografi. Istilah Demografi pertama sekali ditemukan oleh Achille Guillard.

John Graunt adalah seorang pedagang di London yang menganalisis data kalahiran dan kematian, migrasi dan perkawinan yang berkaitan dalam proses pertumbuhan penduduk. Sehinnga John Graunt dianggap sebagai bapak Demografi.

Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu. Masalah-masalah kependudukan dipelajari dalam ilmu demografi. Berbagai aspek perilaku manusia dipelajari dalam sosiologi, ekonimi, dan geografi. Demografi banyak digunakan dalam pemasaran, yang berhubungan erat dengan unit-unit ekonomi, seperti pengencer hingga pelanggan potensial (Wikipedia,2009). Kependudukan atau demografi adalah ilmu yang mempelajari dianmika kependudukan manusia. Meliputi didalamnya ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu.

2. DINAMIKA KEPENDUDUKAN

Dinamika kependudukan adalah perubahan penduduk. Perubahan tersebut selalu terjadi dan dalam Undang-Undang No. 10 Tahun 1992 Tentang ´Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera disebut sebagai Perkembangan Kependudukan. Perkembangan kependudukan terjadi akibat adanya perubahan yang terjadi secara mauoun karena perilaku yang terkait dengan upaya memenuhi kebutuhannya. Perubahan alami tersebut adalah karena kematian dan kelahiran. Sedangkan yang terkait dengan upaya pemenuhan kebutuhan adalah migrasi atau pindahan tempat tinggal.

Setiap perubahan yang diakibatkan salah satu faktor perubahan penduduk tersebut akan berdampak pada keseluruhan, misalnya jumlah menurut umur penduduk dan jenis kelamin penduduk.

Yang diperlukan dalam pengukuran dinamika kependudukan adalah :

a. Indikator

Indikator diperlukan untuk mengetahui dan mempelajari dengan tepat berbagai keadaan atau perubahan yang terjadi pada penduduk disuatu negara. Indikator dalam demografi terdiri dari beberapa hal, yaitu :

o Jumlah penduduk

o Komposisi penduduk menurut jenis kelamin, umur, suku bangsa, pendidikan, agama, pekejaan, dan lain-lain

o Proses demografi yang mempengaruhi jumlah dan komposisi penduduk

b. Parameter

Ukuran atau satuan yang memberikan penilaian kuantitatif. Dikenal 2 macam pengukuran, yaitu :

o Angka Absolut

o Angka Relatif

Dinamika kependudukan menjelaskan bahwa di samping jumlah absolutnya yang tetap tinggi, persoalan kependudukan di Indonesia meliputi persebaran serta kualitas penduduk dipandang dari sudut sumberdaya manusia secara keseluruhan.

Manfaat dari memahami dinamika penduduk adalah :

1) Mengetahui jumlah penduduk pada suatu waktu dan wilayah tertentu.

2) Memahami perkembangan dari keadaan dahulu, sekarang dan perkiraan yang akan datang.

3) Mempelajari hubungan sebab akibat keadaan penduduk dengan aspek kehidupan lain misalnya ekonomi, pendidikan, sosial, kesehatan dan lain-lain.

4) Merancang antisipasi menghadapi perkembangan kependudukan yang terjadi baik hal yang menguntungkan maupun merugikan.

3. FAKTOR-FAKTOR DEMOGRAFIK YANG MEMPENGARUHI LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK

1) ANGKA KELAHIRAN (fertilitas)

Fertilitas dalam pengertian demografi adalah kemampuan seorang wanita secara riil untuk melahirkan yang diwujudkan dalam jumlah bayi yang senyatanya dilahirkan. Tinggi rendahnya kelahiran erat hubungannya dan tergantung Pada struktur umur, banyaknya kelahiran, banyaknya perkawinan, penggunaan alat kontrasepsi, aborsi, tingkat pendidikan, status pekerjaan, serta pembangunan.

Beberapa fertilitas yang sering digunakan adalah :

1) Angka kelahiran kasar (Crude Birth Rate)

Angka kelahiran kasar adalah angka yang menunjukkan jumlah kelahiran

pertahun di satu tempat per seribu penduduk.

CBR dapat dihitung dengan rumus berikut ini.

clip_image003

Keterangan :

Cbr : crude birth rate (angka kelahiran kasar)

L : jumlah kelahiran selama 1 tahun

P : jumlah penduduk pada pertengahan tahun

1.000 : konstanta

Kriteria angka kelahiran kasar (cbr) di bedakan menjadi tiga macam.

- cbr < 20, termasuk kriteria rendah

- cbr antara 20 – 30, termasuk kriteria sedang

- cbr > 30, termasuk kriteria tinggi

2) Angka kelahiran khusus (age specific birth rate/asbr)

angka kelahiran khusus yaitu angka yang menunjukkan banyaknya kelahiran bayi setiap 1.000 penduduk wanita pada kelompok umur tertentu. asbr dapat dihitung dengan rumus berikut ini.

clip_image005

keterangan :

- asbr: angka kelahiran khusus

- li : jumlah kelahiran dari wanita pada kelompok umur tertentu

- pi : jumlah penduduk wanita umur tertentu pada pertengahan tahun

1.000 : konstanta

3) angka kelahiran umum (general fertility rate/gfr)

angka kelahiran umum yaitu angka yang menunjukkan banyaknya kelahiran setiap 1.000 wanita yang berusia 15 – 49 tahun dalam satu tahun. gfr dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.

clip_image007

keterangan :

gfr = angka kelahiran umum

l = jumlah kelahiran selama satu tahun

w(15 – 49) = jumlah penduduk wanita umur 15 – 49 tahun pada pertengahan tahun.

1.000 = konstanta besar kecilnya angka kelahiran (natalitas) dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Berikut ini faktor pendorong dan faktor penghambat kelahiran.

A. faktor pendorong kelahiran (pronatalitas)

1) anggapan bahwa banyak anak banyak rezeki.

2) sifat alami manusia yang ingin melanjutkan keturunan.

3) pernikahan usia dini (usia muda).

4) adanya anggapan bahwa anak laki-laki lebih tinggi nilainya, jika dibandingkan dengan anak perempuan, sehingga bagi keluarga yang belum memiliki anak laki-laki akan berusaha untuk mempunyai anak laki-laki.

5) adanya penilaian yang tinggi terhadap anak, sehingga bagi keluarga yang belum memiliki anak akan berupaya bagaimana supaya memiliki anak.

B. Faktor penghambat kelahiran (antinatalitas)

1) adanya program keluarga berencana (kb).

2) kemajuan di bidang iptek dan obat-obatan.

3) adanya peraturan pemerintah tentang pembatasan tunjungan anak bagi pns.

4) adanya uu perkawinan yang membatasi dan mengatur usia pernikahan.

5) penundaan usia pernikahan karena alasan ekonomi, pendidikan dan karir.

6) adanya perasaan malu bila memiliki banyak anak

2) ANGKA KEMATIAN (MORTALITAS)

angka kematian dibedakan menjadi tiga macam yaitu angka kematian kasar, angka kematian khusus, dan angka kematian bayi.

1) angka kematian kasar (crude death rate/cdr) angka kematian kasar yaitu angka yang menunjukkan banyaknya kematian setiap 1.000 penduduk dalam waktu satu tahun. cbr dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.

clip_image009

keterangan :

asdr = angka kematian kasar

m = jumlah kematian selama satu tahun

p = jumlah penduduk pertengahan tahun

1.000 = konstanta

kriteria angka kematian kasar (cdr) dibedakan menjadi tiga macam.

- cdr kurang dari 10, termasuk kriteria rendah

- cdr antara 10 – 20, termasuk kriteria sedang

cdr lebih dari 20, termasuk kriteria tinggi

2) angka kematian khusus (age specific death rate/asdr) angka kematian khusus yaitu angka yang menunjukkan banyaknya kematian setiap 1.000 penduduk pada golongan umur tertentu dalam waktu satu tahun. asdr dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.

clip_image011

Keterangan :

Asdr = angka kematian khusus

Mi = jumlah kematian pada kelompok umur tertentu

Pi = jumlah penduduk pada kelompok tertentu

1.000 = konstanta

3) angka kematian bayi (infant mortality rate/imr) angka kematian bayi yaitu angka yang menunjukkan banyaknya kematian bayi (anak yang umurnya di bawah satu tahun) setiap 1.000 kelahiran bayi hidup dalam satu tahun. Imr dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.

Keterangan :

Kriteria angka kematian bayi dibedakan menjadi berikut ini.

v imr kurang dari 35, termasuk kriteria rendah

v imr antara 35 sampai 75, termasuk kriteria sedang

v imr antara 75 sampai 125, termasuk kriteria tinggi

v imr lebih dari 125, termasuk kriteria sangat tinggi

Tinggi rendahnya angka kematian penduduk dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat.

1) faktor pendorong kematian (promortalitas)

(a) adanya wabah penyakit seperti demam berdarah, flu burung dan sebagainya.

(b) adanya bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, banjir dan sebagainya.

(c) kesehatan serta pemenuhan gizi penduduk yang rendah.

(d) adanya peperangan, kecelakaan, dan sebagainya.

(e) tingkat pencemaran yang tinggi sehingga lingkungan tidak sehat.

2) faktor penghambat kematian (antimortalitas)

(a) tingkat kesehatan dan pemenuhan gizi masyarakat yang sudah baik.

(b) negara dalam keadaan aman dan tidak terjadi peperangan.

(c) adanya kemajuan iptek di bidang kedokteran sehingga berbagai macam penyakit dapat diobati.

(d) adanya pemahaman agama yang kuat oleh masyarakat sehingga tidak melakukan tindakan bunuh diri atau membunuh orang lain, karena ajaran agama melarang hal tersebut.

3) MIGRASI

Migrasi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi angka pertumbuhan penduduk. Migrasi adalah perpindahan penduduk. Orang dikatakan telah melakukan migrasi apabila orang tersebut telah melewati batas administrasi wilayah lain.

Jenis-jenis migrasi

A.transmigrasi (perpindahan dari satu daerah (pulau) untuk menetap ke daerah lain di dalam wilayah republik indonesia).

B.urbanisasi (perpindahan penduduk dari desa ke kota besar)

C.emigrasi (perpindahan penduduk dari dalanegeri kemudian menetap di luar negeri).

D. Imigrasi (kebalikan dari emigrasi)

E. Re-emigrasi (kembali ke tempat asal)

1) migrasi keluar adalah keluarnya penduduk dari suatu wilayah menuju wilayah lain dan bertujuan untuk menetap di wilayah yang didatangi.

2) migrasi masuk adalah masuknya penduduk dari wilayah lain ke suatu wilayah dengan tujuan menetap di wilayah tujuan. Migrasi keluar adalah orang yang melakukan migrasi ditinjau dari daerah asalnya, sedangkan migrasi masuk adalah orang yang melakukan migrasi ditinjau dari daerah tujuannya.

Migran menurut dimensi waktu adalah orang yang berpindah ketempat lain dengan tujuan untuk menetap dalam waktu 6 bulan atau lebih. Terdapat beberapa kriteria migran diantaranya:

a. Migran seumur hidup (life time migrant)

b. Migran Risen (recent migrant)

c. Migran total (total m igrant)

1) Rasio Ketergantungan

Rasio ketergantungan (Depedency Ratio) adalah perbandingan antara jumlah penduduk berumur 0-14 tahun, ditambah dengan jumlah penduduk 65 tahun keatas dibandingkan dengan jumlah penduduk usia 15-64 tahun. Rasio ketergantungan dapat dilihat menurutr usia yakni rasio ketergantungan muda dan rasio ketergantungan tua.

Rasio ketergantungan merupakan indicator demografi yang sangat penting. Semakin tingginya presentase dependency ratio menunjukan semakin tingginya beban yang harus ditanggung penduduk yang produktif dan tidak produktif lagi. Sedangkan presentase dependency ratio yang semakin rendah menunjukan semakin rendahnya beban yang ditanggung penduduk yang produktif untuk memembiayai penduduk yang belum produktif dan tidak produktif lagi.

Rasio ketergantungan didapat dengan membagi total dari jumlah pnduduk usia belum produktif (0-14 tahun) dan jumlah penduduk usia tidak produktif (65 tahun keatas) dengan jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun).clip_image013

clip_image015

clip_image017

clip_image019

Dimana

RK Total = Rasio Ketergantungan Penduduk Usia Muda dan Tua

RK Muda = Rasio Ketergantungan Panduduk Usia Muda

RK Tua = Rasio Ketergantungan Penduduk Usia Tua

P (0-14) = Jumlah Penduduk Usia Muda (0-14 tahun)

P (65+) = Jumlah Penduduk Usia Tua (65 tahun keatas)

P (15-64) = Jumlah Penduduk Usia Produktif (15-64)

2) Angka Perkawinan Umum

Angka perkawinan umum (APU) menunjukan proporsi penduduk yang berstatus kawin terhadap jumlah penduduk usia 15 tahun ke atas pada pertengahan tahun untuk satu tahun tertentu.

Konsep perkawinan lebih difokuskan kepada keadaan dimana seorang laki-laki dan seorang perempuan hudup bersama dalam kurun waktu yang lama. Dalam hal ini hidup bersama dapat dikukuhkan dengan perkawinan yang syah sesuai dengan undang-undang atau peraturan hukum yang ada (Perkawinan de jure) ataupun tanpa pengesahan perkawinan (de facto). Tetapi untuk keperluan studi demografi, badan pusat statistic mendefinisikan seseorang berstatus kawin apabila mereka terikat dalam perkawinan pada saat pencacahan baik yang tinggal bersama maupun terpisah yang menikah secara syah maupun yang hidup bersama yang oleh masyarakat disekelilingnya dianggap syah sebagai suami isteri (BPS, 200). Indikator perkawinana berguna bagi penentu kebijakan dan pelaksanaan program kependudukan terutama dalam pengembangan program-program peningkatan kualitas keluarga dan perencanaan keluarga.

3) Pengaruh Program KB

Berikut ini adalah beberapa istilah yang digunakan dalam analisa keluarga berencana (KB) beserta definisinya.

a. Pasangan Usia Subur (PUS) adalah pasangan suami istri yang istrinya berusia 15-49 tahun.

b. Pemakai alat/cara KB adalah seseorang yang sedang atau pernah memakai alat/cara KB.

c. Pernah memakai alat/cara KB (ever user) adalah seseorang yang pernah memakai alat/cara KB.

d. Pemakai alat/cara KB aktif (Current User) adalah seseorang yang sedang memakai alat/cara KB.

e. Alat/cara KB adalah alat/cara yang digunakan untuk mengatur kelahiran.

Kebutuhan KB yang tidak dipenuhi (Unment need) adalah presentase perempuan usia subur yang tidak ingin mempunyai anak lagi, atau ingin menunda kelahiran berikutnya, tetapi tidak memakai alat/cara KB.

4. TRANSISI DEMOGRAFI

Transisi demografi adalah perubahan terhadap fertilitas dan mortilitas yang besar. Perubahan atau transisi tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :

clip_image021

Pada gambar diatas terlihat transisi penduduk ada posisi stabil pada tingkat kelahiran tinggi, menjadi turun ke stabil pada kelahiran dan kematian rendah.

A. Pada keadaan I

Tingkat kelahiran dan kematian tinggi antara 40 sampai 50. Keadaannya masih alami tingkat kelahiran tinggi/ tidak terkendali dan tingkat ekonomi yang rendah, sehingga kesehatan dan gizi lingkungan kurang mendukung. Akibatnya kelaparan dan kejadian penyakit tinggi sehingga tingkat kematian pun tinggi (kondisi pra intervensi/pembangunan).

B. Pada keadaan II

Angka kematian turun lebih dahulu akibat peningkatan pembangunan dan teknologi, misalnya dibidang kesehatan, lingkungan, perumahan dan lain-lain. Kondisi ekonomi makin membaik akibat pembangunan dan pendapatan penduduk meningkat sehingga kesehatan semakin baik. Akibatnya tingkat kelahiran tetap tinggi (makin sehat) tetapi angka kematian menurun (akibat kesehatan dan lain- lain). Pada kondisi ini akan terasa tingginya laju pertumbuhan penduduk alami, seperti dialami indonesia pada periode tahun 1970 sampai 1980 dengan angka pertumbuhan 2,32 % per tahun.

C. Pada keadaan III

Terjadi perubahan akibat pembangunan dan juga upaya pengendalian penduduk, maka sikap terhadap fertilitas berubah menjadi cenderung punya anak sedikit, maka turunnya tingkat kematian juga diikuti turunnya tingkat kelahiran sehingga pertumbuhan penduduk menjadi tidak tinggi lagi. Keadaan tersebut dapat dilihat pada pertumbuhan penduduk indonesia periode 1980 sampai 1990 yang turun menjadi 1,85 %.

D. Pada keadaan IV

Bila penurunan tingkat kelahiran dan kematian berlangsung terus menerus, maka akan mengakibatkan pertumbuhan yang stabil pada tingkat yang rendah indonesia sedang menuju/mengharap tercapainya kondisi ini yaitu penduduk bertambah sangat rendah atau tanpa pertumbuhan. Demikian lah gambaran transisi demografi yang dapat dipercepat dengan peningkatan pembangunan terutama bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan kb.

Menurut blacker (1947) ada 5 phase dalam teori transisi demografi, dimana khususnya phase 2 dan 3 adalah phase transisi.

Tahap-tahap dalam transisi demografi

1. Tahap stasioner tinggi

Tingkat kelahiran: tinggi

Tingkat kematian: tinggi

Pertumbuhan alami: nol/sangat rendah

Contoh: eropa abad 14

2. Tahap awal perkembangan

Tingkat kelahiran: tinggi (ada budaya pro natalis)

Tingkat kematian: lambat menurun

Pertumbuhan alami: lambat

Contoh: india sebelum pd ii

3. Tahap akhir perkembangan

Tingkat kelahiran: menurun

Tingkat kematian: menurun lebih cepat dari tingkat kelahiran

Pertumbuhan alami: cepat

Contoh: australia, selandia baru tahun ‘30an

4. Tahap stasioner rendah

Tingkat kelahiran: rendah

Tingkat kematian: rendah

Pertumbuhan alami: nol/sangat rendah

Contoh: perancis sebelum pd ii

5. Tahap menurun

Tingkat kelahiran: rendah

Tingkat kematian: lebih tinggi dari tingkat kelahiran

Pertumbuhan alami: negatif

Contoh: jerman timur & barat tahun ‘75

Ada beberapa masalah dalam mengaplikasikan teori transisi demografi bagi negara-negara berkembang. Bila di eropa, penurunan mortalitas lebih dikarenakan pembangunan sosio ekonomi, namun penurunan mortalitas dan fertilitas di negara-negara berkembang lebih karena pengaruh faktor-faktor lain seperti: peningkatan pemakaian kontrasepsi, peningkatan perhatian pemerintah, modernisasi, pembangunan dll.

BAB IV

PENUTUP

KESIMPULAN

Masalah kependudukan adalah masalah yang paling penting dalam pembangunan suatu negara karena dapat menghambat pembangunan nasional yang sedang dilaksanakan. Dengan persebaran penduduk yang lebih merata dimaksudkan untuk membantu mengurangi berbagai beban sosial, ekonomi dan ling¬kungan yang ditimbulkan akibat tekanan kepadatan penduduk yang semakin meningkat. Di samping itu persebaran penduduk yang lebih merata juga dimaksudkan untuk membuka dan mengem¬bangkan wilayah baru guna memperluas lapangan kerja dan me¬manfaatkan sumber daya alam sehingga lebih berhasil guna. Jumlah penduduk yang lebih sedikit akan mempermudah pemerintah untuk meningkatkan derajat hidup, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dengan demikian hasil pembangunan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, baik di wilayah yang berkepadatan tinggi maupun di wilayah baru.

DAFTAR PUSTAKA

Biran Afandi, Kontrasepsi, Keluarga Berencana, Ilmu Kebidanan, Jakarta, Yayasan Bina Pustaka, Sarwono Prawiroharjo, 1991

BKKBN, Gerakan Keluarga Berencana Nasional, Jakarta, 1998

BKKBN, Kependudukan KB dan KIA, Bandung Balai Litbang, 1999.

http://warnawarnidina.blogspot.com/2010/10/kependudukan-dan-mobilitas-sosial.html [diakses 21 MARET 2011].

http://www.datastatistik-indonesia.com/content/view/83/115/

http://www.hprory.com/transisi-demografi/

(bahan kuliah dan makalah kesehatan)

12 komentar:

Arisandi, Am,Kep mengatakan...

hy

HMP BING mengatakan...

bagaiamana mengkopinya

olive_girl mengatakan...

GMN Ngopynya

Unknown mengatakan...

btw, bgmna mngopinya??

Awantz Chodetz mengatakan...

widih gk bisa di kopi bro

Unknown mengatakan...

mantap bop silakan kunjungin web ku ya http://ayo-bangkit-indonesia.blogspot.com

Unknown mengatakan...

makasih ats invormasinya

N mengatakan...

izin untuk mengcopy, untuk tugas kuliah.

Unknown mengatakan...

terima kasih..izin copas yo?! untuk tgs kuliah. :)

Unknown mengatakan...

Mantap dah artikelnya kawan
Berkah Walatra | Walatra Gamat Emas Kapsul | G-Sea Jelly Gamat Emas Rasa Jeruk | Walatra Sehat Mata Softgel | Walatra Berry Jus | Jelly Gamat QnC | Walatra Zedoril 7 | Walatra Bersih Wanita Kapsul | Walatra Habbaza Softgel

Andrea 父 mengatakan...

Yg ingin copas matikan java script nya...
Atau lihat tutor di youtube banyak...
Search aja cara copas blog yg tidak bisa di copas

Eloise R. Riley mengatakan...

Maybe the Smadav shared above is outdated, to update to the latest version download here Smadav 2020 | Sharing and differing huge AV goliaths, for instance, Avast, Bitdefender, AVG, NOD32 and along with the USB shield antivirus energy, the majority of the moment you will certainly locate Smadav much quicker, primarily as a result of USB or media that you ought to get rid of such sd card, cordless mass memory, circular bands and more. Download Smadav Antivirus 2020 for PC

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More