Kamis, 19 Mei 2011

TUGAS APLIKASI KOMPUTER tentang PAPAN KETIK (KEYBOARD)

TUGAS APLIKASI KOMPUTER

tentang

PAPAN KETIK (KEYBOARD)

clip_image002

Disusun Oleh

NAMA : SUSI IRMA NOVIA

NPM : 0926030078. P

JURUSAN D-III KEBIDANAN

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES)

TRI MANDIRI SAKTI

BENGKULU

2010/2011

 

Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.

http://bahankuliahkesehatan.blogspot.com/

PENGERTIAN KEYBOARD

Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.

SEJARAH KEYBOARD

Sejarah mesin ketik yang ditemukan oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat.

Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming).

Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya.

Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).

Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.

Secara penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK.

clip_image003

Perbandingan antara efisiensi mengetik antara keyboard QWERTY (kiri) dan keyboard DVORAK (kanan)

Satu-satunya pengakuan adalah datang dari ANSI (American National Standard Institute) yang menyetujui susunan keyboard Dvorak sebagai versi “alternatif” di sekitar Tahun 1970.

Susunan keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia, QZERTY, dll.

JENIS-JENIS KEYBOARD

1. Keyboard QWERTY

clip_image004

Keyboard QWERTY, dibuat berdasarkan layout mesin tik. Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik). Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya, tetapi memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen). Contoh paling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.

2. Keyboard DVORAK

clip_image005

Susunan tuts keyboard DVORAK

Keyboard ini dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 % sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang.

Walaupun keyboard jenis DVORAK sudah lebih baik dari pada jenis QWERTY, akan tetapi karena dalam hal pemasarannya dengan jenis QWERTY lebih dulu dan kalaupun harus diganti dengan jenis DVORAK, kan perlu pelatihan baru dan juga berarti perlu biaya tambahan yang harus disangga oleh Perusahaan pembuat keyboard DVORAK. Kemungkinan untuk menggantikan keyboard yang sudah ada belum dapat dipastikan. Dengan demikian jenis lama (QWERTY) masih tetap digunakan.

3. Keyboard KLOCKENBERG

clip_image006

Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman.

Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang. Walaupun demikian, keyboard KLOCKENBERG sudah lebih baik dalam hal pengurangan beban pada jari dan lengan. Hal ini dapat mengurangi nyeri otot pada bahu dan pergelangan tangan. .Dari ketiga macam keyboard tersebut, ternyata keyboard QWERTY yang tetap diusulkan sebagai keyboard resmi. Hal ini diperkuat dengan keputusan Amerika Serikat untuk tetap menggunakan keyboard QWERTY dalam Standard Institute pada tahun 1968 dan melalui ISO pada tahun 1971. Keputusan ini lebih banyak dipengaruhi masalah ekonomi, yaitu dalam hal mengurangi biaya pelatihan baru bila harus memakai keyboard jenis KLOCKENBERG maupun jenis DVORAK. Dengan demikian, masalah nyeri otot masih tetap akan muncul pada pemakaian keyboard QWERTY.

4. Keyboard Maltron

clip_image008

Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries).

Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.

5. Keyboard CHORD

clip_image010

Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.

6. Keyboard Alphabetik

clip_image012

Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.

7. Keyboard Numeric

clip_image013

Untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka menggunakan tombol numerik (numeric keypad) yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan.

Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:

1. Keyboard Serial

Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

clip_image014

Port pada keyboard serial

2. Keyboard PS/2

Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

clip_image015

Port pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard

3. Keyboard Wireless

Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

clip_image016

Keyboard dan mouse wireless

4. Keyboard USB

Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat

clip_image017

Konektor USB

STRUKTUR TOMBOL KEYBOARD

Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:

1. Tombol Ketik (typing keys)

Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.

Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

2. Numeric Keypad

Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

3. Tombol Fungsi (Function Keys)

Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4. Tombol kontrol (Control keys)

Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

CARA KERJA KEYBOARD

Adapun cara kerja dari keyboad tersebut antara lain sebagai berikut: 1.Ketika tombol ditekan, tombol tersebut akan menekan sebuah karet yanga da dibawah tombol tersebut. 2.Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mana akan mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan. 3.Sinyal yang ditransmisikan berbentuk kode-kode biner. 4.Data yang berbentuk biner tersebut akan digenerate oleh chip komputer. 5.Setelah digenerate akan ditampilkan kembali menjadi tampilan asli berbentuk huruf pada layar monitor.

Keyboard tentunya mempunyai beberapa peran atau fungsi dalam penggunaannya. Beberapa kegunaan atau fungsi dari keyboard adalah untuk memasukkan perintah dan juga digunakan dalam permainan.

Tentulah sudah jelas bahwa fungsi yang utama dari keyboard adalah untuk mengetik perintah pada komputer. Dengan bantuan keyboard-lah kita akan dapat memasukkan data atau perintah ke dalam komputer untuk dilakukan proses komputasi. Dengan menekan beberapa tombol sekaligus, kita dapat memunculkan aplikasi lain dalam komputer seperti contoh Ctrl+Alt+Del.

FUNGSI TOMBOL KEYBOARD

100+ Shortcut Keyboard Dalam Komputer

CTRL + C (Copy)

CTRL+X (Cut) CTRL + X (Cut)

CTRL+V (Paste) CTRL + V (Paste)

CTRL+Z (Undo) CTRL + Z (Undo)

DELETE (Hapus)

SHIFT+DELETE (Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin)

CTRL sambil menyeret (men-drag) sebuah item (Menyalin item yang dipilih)

CTRL + SHIFT sambil menyeret item (Buat cara pintas ke item yang dipilih)

Tombol F2 (Ubah nama item yang dipilih)

CTRL + RIGHT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata berikutnya)

CTRL + LEFT ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal kata sebelumnya)

CTRL + DOWN ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf berikutnya)

CTRL + UP ARROW (Memindahkan titik penyisipan (kursor) ke awal paragraf sebelumnya)

CTRL + SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Sorot blok teks)

SHIFT dengan salah satu ARROW KEY (Pilih lebih dari satu item dalam sebuah jendela atau pada desktop, atau pilih teks dalam dokumen)

CTRL + A (Pilih semua)

Tombol F3 (Mencari sebuah file atau folder)

ALT + ENTER (Melihat properti untuk item yang dipilih)

ALT + F4 (Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif)

ALT + ENTER (Menampilkan properti dari objek yang dipilih)

ALT + SPACEBAR (Buka menu shortcut untuk jendela aktif)

CTRL + F4 (Menutup dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan)

ALT + TAB (Beralih antara item yang terbuka)

ALT + ESC (Cycle melalui item dalam urutan yang mereka telah dibuka)

Tombol F6 (Siklus melalui elemen-elemen layar dalam jendela atau pada desktop)

Tombol F4 (Menampilkan Address bar list di My Computer atau Windows Explorer)

SHIFT + F10 (Menampilkan menu shortcut untuk item yang dipilih)

ALT + SPACEBAR (Tampilan menu Sistem untuk jendela aktif)

CTRL + ESC (Menampilkan menu Start)

ALT + huruf digarisbawahi dalam nama menu (Menampilkan menu yang sesuai)

Surat digarisbawahi dalam nama perintah pada menu yang terbuka (Lakukan perintah yang sesuai)

Tombol F10 (Aktifkan menu bar dalam program aktif)

ARROW (Buka menu berikutnya ke kanan, atau membuka submenu)

LEFT ARROW (Buka menu sebelah kiri, atau menutup submenu)

Tombol F5 (Memperbarui jendela aktif atau merefresh)

BACKSPACE (Melihat folder satu level ke atas di My Computer atau Windows Explorer)

ESC (Membatalkan tugas sekarang)

SHIFT ketika Anda memasukkan CD-ROM ke dalam CD-ROM (Mencegah CD-ROM secara otomatis bermain/autoplay)

Keyboard Shortcuts Dialog Box

CTRL + TAB (Move forward melalui tab)

CTRL + SHIFT + TAB (Bergerak mundur melalui tab)

TAB (Move forward melalui pilihan)

SHIFT + TAB (Bergerak mundur melalui pilihan)

ALT + huruf yang digarisbawahi (Lakukan perintah yang sesuai atau pilih opsi yang sesuai)

ENTER (Lakukan perintah untuk opsi atau tombol aktif)

SPACEBAR (Pilih atau menghapus kotak centang jika pilihan yang aktif adalah check box)

Arrow tombols Panah (Pilih sebuah tombol jika pilihan aktif adalah group tombol pilihan)

Tombol F1 (Menampilkan Help)

Tombol F4 (Menampilkan item dalam daftar aktif)

BACKSPACE (Membuka folder satu tingkat ke atas jika folder dipilih dalam Simpan Sebagai atau Buka kotak dialog)

Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts Microsoft Natural Tombolboard Shortcuts

Windows Logo (Menampilkan atau menyembunyikan menu Start)

Logo Windows + BREAK (Menampilkan System Properties dialog box)

Logo Windows + D (Menampilkan the desktop)

Logo Windows + M (Meminimalkan semua jendela)

Logo Windows + SHIFT + M (Memulihkan jendela yang diminimalkan)

Logo Windows + E (Membuka My Computer)

Logo Windows + F (Mencari for a file atau folder)

CTRL + Windows Logo + F (Mencari for komputer)

Logo Windows + F1 (Menampilkan Windows Help)

Logo Windows + L (Mengunci keyboard)

Logo Windows + R (Membuka kotak dialog Run)

Logo Windows + U (Membuka Utility Manager)

Accessibility Tombolboard Shortcuts

Right SHIFT selama delapan detik (Beralih FilterTombols on atau off)

LEFT ALT + LEFT SHIFT + PRINT SCREEN (Beralih High Contrast on atau off)

LEFT ALT + LEFT SHIFT + NUM LOCK (Mengaktifkan MouseTombols on atau off)

SHIFT lima kali (Mengaktifkan StickyTombols on atau off)

NUM LOCK selama lima detik (Mengaktifkan ToggleTombols on atau off)

Logo Windows + U (Membuka Utility Manager)

Windows Explorer Tombolboard Shortcuts Windows Explorer Tombolboard Shortcuts

END (Menampilkan bagian bawah jendela aktif)

HOME (Menampilkan bagian atas jendela aktif)

NUM LOCK + Asterisk sign (*) (Tampilkan semua subfolder yang berada di bawah folder yang dipilih)

NUM LOCK + Plus sign (+) (Menampilkan isi dari folder yang dipilih)

NUM LOCK + Minus sign (-) (Collapse folder yang dipilih)

LEFT ARROW (Collapse pilihan saat ini jika diperluas, atau pilih folder utama)

RIGHT ARROW (Menampilkan pilihan saat ini, atau pilih subfolder pertama)

Shortcut Tombols for Character Map Tombol pintas untuk Peta Karakter

Setelah Anda klik dua kali pada grid karakter karakter, Anda dapat bergerak melalui grid dengan menggunakan cara pintas tombolboard:

RIGHT ARROW (Pindah ke kanan atau ke awal baris berikutnya)

LEFT ARROW (Pindah ke kiri atau ke akhir baris sebelumnya)

UP ARROW (Pindah ke atas satu baris)

DOWN ARROW (Pindah ke bawah satu baris)

PAGE UP (Pindah ke atas satu layar pada satu waktu)

DOWN (Pindah ke bawah satu layar pada satu waktu)

HOME (Pindah ke awal baris)

END (Pindah ke akhir baris)

CTRL + HOME (Pindah ke karakter pertama)

CTRL + END (Pindah ke karakter terakhir)

SPACEBAR (Beralih antara yang lebih besar dan Normal ketika seorang karakter yang dipilih)

Microsoft Management Console (MMC) Main Window Tombolboard Shortcuts

CTRL + O (Open yang disimpan konsol)

CTRL + N (Buka konsol baru)

CTRL + S (Save the open console)

CTRL + M (Menambah atau menghapus item konsol)

CTRL + W (Buka jendela baru)

F5 tombol (Update konten dari semua jendela konsol)

ALT + SPACEBAR (Menampilkan menu jendela MMC)

ALT + F4 (Close the console)

ALT + A (Menampilkan the Action menu)

ALT + V (Menampilkan the View menu)

ALT + F (Menampilkan the File menu)

ALT + O (Menampilkan the Favorites menu)

Konsol MMC Window Tombolboard Shortcuts

CTRL + P (Mencetak halaman aktif atau aktif pane)

ALT + tanda Minus (-) (Menampilkan menu jendela jendela konsol yang aktif)

SHIFT + F10 (Menampilkan the Action menu shortcut untuk item yang dipilih)

Tombol F1 (Membuka topik Bantuan, jika ada, untuk item yang dipilih)

Tombol F5 (Update konten dari semua jendela konsol)

CTRL + F10 (Memaksimalkan jendela konsol yang aktif)

CTRL + F5 (Memulihkan jendela konsol yang aktif)

ALT + ENTER (Menampilkan kotak dialog Properties, jika ada, untuk item yang dipilih)

Tombol F2 (Ubah nama item yang dipilih)

CTRL + F4 (Close jendela konsol yang aktif. Ketika sebuah konsol hanya memiliki satu jendela konsol, jalan pintas ini akan menutup konsol)

Remote Desktop Connection Navigation

CTRL+ALT+END (Open the m*cro$oft Windows NT Security dialog box

ALT + PAGE UP (Beralih antara program dari kiri ke kanan)

ALT + PAGE DOWN (Beralih antara program dari kanan ke kiri)

ALT + INSERT (Cycle melalui program-program yang terakhir digunakan)

ALT + HOME (Menampilkan menu Start)

CTRL + ALT + BREAK (Beralih komputer klien antara jendela dan layar penuh)

ALT+DELETE (Menampilkan the Windows menu) ALT + DELETE (Menampilkan the Windows menu)

CTRL + ALT + Minus sign (-) (Membuat snapshot dari jendela aktif klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan PRINT SCREEN pada komputer lokal.)

CTRL + ALT + Plus sign (+) (Membuat snapshot dari seluruh area jendela klien pada clipboard server Terminal dan menyediakan fungsi yang sama dengan menekan ALT + PRINT SCREEN pada komputer lokal.)

Internet Explorer navigation Internet Explorer navigasi

CTRL + B (Membuka kotak dialog Atur Favorit)

CTRL + E (Open the Mencari bar)

CTRL + F (Start the Find utility)

CTRL + H (Open the History bar)

CTRL + I (Open the Favorites bar)

CTRL + L (Buka kotak dialog Open)

CTRL + N (Start contoh lain dari browser dengan alamat Web yang sama)

CTRL + O (Membuka kotak dialog Buka, sama seperti CTRL + L)

CTRL + P (Membuka kotak dialog Print)

CTRL + R (Memperbarui halaman Web ini)

CTRL + W (Close jendela aktif)

Referensi :

1. http://www.info-online.web.id/2011/02/7-jenis-keyboard-dunia.html

2. http://illtorro.blogspot.com/2009/06/keyboard.html

3. http://duniagus.blogspot.com/2008/02/fungsi-kombinasi-tombol-ctrl-dengan.html

4. http://wenxxx.wordpress.com/2007/12/12/100-fungsi-shortcut-keyboard/

5. http://www.idebagusku.com/100-shortcut-keyboard-dalam-komputer

http://bahankuliahkesehatan.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More