Rabu, 24 Agustus 2011

ASUHAN KEPERAWATAN TYPHUS ABDOMINALIS

THYPUS ABDOMINALIS I. Konsep Dasar

A. Pengertian :

Typhus abdominalis merupakan infeksi sistemik yang disebabkan oleh kuman SalmonellaTyphosa, Salmonella Paratyphi A, B da C. yang menyerang usus halus khususnya daerah illeum. Penyakit ini termasuk penyakit tropik yang sangat berhubungan erat dengan kebersihan perseorangan dan lingkungan. Dapat dengan mudah berpindah ke orang lain melalui Fecal Oral, artinya kuman Salmonella yang ada pada pada feses penderita atau karier mengkontaminasi makanan atau minuman orang sehat.

http://bahankuliahkesehatan.blogspot.com/

B. Penyebab

1. Penyakit ini disebabkan oleh kuman :

a. Salmonella Typhosa

b. Salmonella Paratyphi A, B dan C

Kuman Salmonella termasuk golongan bakteri berbentuk batang, gram negatif mempunyai flagel yang memungkinkan kuman ini dapat bergerak, tidak berspora serta mempunyai tiga antigen ,yaitu :

a. Antigen O (HgO) : antigen pada bagian Soma

b. Antigen H (AgH) : antigen pada bagian flagel

c. antigen Vi (AgVi) : antigen pada bagian kapsul.

 

C. Gejala Klinik

Gejala klinik thyphus abdominalis pada pasien dewasa biasanya lebih Berat dibandingkan anak. Masa tunas rata-rata 10-20 hari. Yang tersingkat 4 hari jika infeksi melalui makanan sedangkan yang terlama sampai 30 hari jika infeksi melalui minuman. Selama masa inkubasi diketemukan gejala prodromal yaitu perasaan tidak enak badan, lesu, nyeri kepala, pusing-pusing dan tidak bersemangat.

Kemudian menyusul gejala klinik yang biasa ditemukan yaitu 1) demam, 2) Gangguan pada saluran pencernaan, 3) Gangguan Kesadaran.

1. Demam. Pada kasus – kasus yang khas demam berlangsung 3 minggu. Bersifat febris remitens dan suhu tidak berapa tinggi. Selama minggu pertama, suhu badan berangsur-angsur meningkat pada sore hari meningkat dan biasanya menurun pada pagi atau malam hari. Dalam minggu ke dua penderita terus berada dalam keadaan demam. Dalam minggu ke tiga suhu badan berangsur-angsur turun dan normal kembali pada minggu ke empat.

2. Gangguan pada saluran pencernaan. Pada mulut terdapat bau nafas tidak sedap. Bibir kering dan pecah-pecah (rhagaden). Lidah ditutupi selaput putih kotor (coated tongue), ujung dan tepi lidah kemerahan, jarang dosertai tremor. Pada abdomen ditemukan keadaan perut kembung (meteorismus). Hati dan limpa membesar diserta nyeri pada perabaan. Defekasi biasanya konstipasi, mungkin normal dan kadang-kadang diare.

3. Gangguan kesadaran. Umumnya kesadaran penderita menurun walaupun tidak berapa mendalam, yaitu apatis sampai somnolen, jarang terjadi sopor, koma atau gelisah. Disamping gejala diatas kadang-kadang ditemukan pada punggung atau anggota yaitu roseola berupa bintik-bintik kemerahan karena embolus basil dalam kapiler kulit terutama diketemukan pada minggu pertama demam. Kadang-kadang ditemukan bradikardia dan mungkin didapatkan epistaksis.

B. Patofisiologi

Makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh kuman Salmonella Typhosa masuk kedalam lambung, selanjutnya lolos dari sistem pertahanan lambung, kemudian masuk ke usus halus, melalui folikel limpa masuk kesaluran limpatik dan sirkulasi darah sistemik, sehingga terjadi bakterimia. Bakterimia pertama-tama menyerang Sistem Retikulo Endoteleal (RES) yaitu : hati, lien dan tulang, kemudian selanjutnya mengenai seluruh organ di dalam tubuh antara lain sistem syaraf pusat, ginjal dan jaringan limpa.Cairan empedu yang dihasilkan oleh hati masuk ke kandung empedu sehingga terjadi Kolesistitis. Cairan empedu akan masuk ke Duodenum dan dengan virulensi kuman yang tinggi akan menginfeksi intestin kembali khususnya bagian illeum dimana akan terbentuk ulkus yang lonjong dan dalam. Masuknya kuman ke dalam intestin terjadi pada minggu pertama dengan tanda dan gejala suhu tubuh naik turun khususnya suhu akan naik pada malam hari dan akan menurun menjelang pagi hari. Demam yang terjadi pada masa ini disebut demam intermiten (suhu yang tinggi, naik turun dan turunnya dapat mencapai normal) Disamping peningkatan suhu tubuh juga akan terjadi obstipasi sebagai akibat penurunan motilitas suhu, namun ini tidak selalu terjadi dapat pula terjadi sebaliknya. Setelah kuman melewati fase awal intestinal, kemudian masuk ke sirkulasi sistemik dengan tanda peningkatan suhu tubuh yang sangat tnggi dan tanda-tanda infeksi pada RES seperti nyeri perut kanan atas, splenomegali dan hepatomegali. Pada minggu selanjutnya dimana infeksi Focal Intestinal terjadi dengan tanda-tanda suhu tubuh masih tetap tinggi, tetapi nilainya lebih rendah dari fase bakterimia dan berlangsung terus menerus ( demam kontinue ), lidah kotor, tepi lidah hiperemis, penurunan peristaltik, gangguan digesti dan absorbsi sehingga akan terjadi distensi, diare dan pasien merasa tidak nyaman, pada masa ini dapat terjadi perdarahan usus, perforasi dan peritonitis dengan tanda distensi abdomen berat, peristaltik menurun bahkan hilang, melena, syock dan penurunan kesadaran.

D. Diagnosis

Untuk membuat diagnosa pasti perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium

1. Pemeriksaan darah tepi untuk mendapatkan gambaran mengenai :

a. leukopenia

b. limfositosis relatif

c. eosinopilia

d. Trombositopenia

2. Pemeriksaan sumsum tulang untuk mengetahui RES hiperaktif ditandai dengan adanya sel makrofag, sel hemopoetik, granulopoetik,eritropoetik dan trombopoetik berkurang

3. Biakan empedu

Untuk mengetahui Salmonella typhosa dalam darah penderita terutama pada minggu pertama. Selanjutnya diketemukan dalam faeces / urine dan mungkin tetap positif dalam waktu lama.

1. Pemeriksaan widal

Dasar pemeriksaan adalah reaksi aglutinasi yang terjadi bila serum penderita dicampur dengan suspensi antigen salmonella typhosa. Pemeriksaan dinyatakan positif bila terjadi reaksi aglutinasi

Untuk membuat diagnosis yang diperlukan ialah titer zat anti terhadap antigen O yang bernilai 1/200 atau lebih dan atau menunjukan kenaikan yang progresif. Titer O dipakai untuk menentukan diagnosis karena mencapai puncaknya bersamaan dengan penyembuhan penderita. Sedangkan titer H tidak diperlukan untuk diagnosis karena dapat tetap tinggi setelah penderita lama sembuh.

 

E. Penatalaksanaan

Medik

a. Isolasi penderita

b. Perawatan untuk mencegah terjadinya komplikasi.

c. Istirahat selama demam sampai 6 hari bebas panas.

d. Diet.

e. Obat. Pilihan terbaik Chloramphenicol dengan dosis tinggi 100 mg/kg BB/hari (maksimum 2 gram perhari) diberikan 4 x sehari peroral atau intravena, kecuali penderita tidak cocok dapat diberikan obat lain.

f. Bila terjadi komplikasi diberikan terapi yang sesuai. Misalnya Intravena fluid drip (IVFD).

 

F. Komplikasi

Komplikasi yang terjadi yaiut a) pada usus dan b) diluar usus.

a. Pada Usus yaitu (1) perdarahan usus, (2) Perforasi usus (3) Peritonitis.

b. Diluar usus yaitu (1) Meningitis (2) Bronchopneumonia (3) dll.

 

II Asuhan Keperawatan

A. Pengkajian Keperawatan

2. Data Subyektif:

a. Pola hidup.sehari-hari

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak diolah dengan baik. Sumber air minum yang tidak sehat dan kondisi lingkungan rumah tempat tinggal yang tidak sehat, serta kebersihan perseorangan yang kurang baik.

b. Riwayat penyakit sebelumnya

Apakah pasien pernah menderita penyakit yang sama dan kapan terjadi

c. Riwayat kesehatan keluarga

Apakah di dalam keluarga ada yang pernah atau sedang menderita penyakit yang sama.

d. Keluhan yang dirasakan pasien, kaji dengan lengkap dengan PQRST antara lain:

-peningkatan suhu tubuh yang berfluktuasi

-Tubuh lemah

-Kurang nafsu makan

-Perut kembung

-Konstipasi/diare

-Nyeri abdomen

3. Data Objektif

a. Peningkatan suhu tubuh

Minggu I: demam intermiten
Minggu II demam Remiten
MingguIII;demam kontinue

b. Relatif Bradikardi

Peningkatan satu derajat selcius suhu tubuh akan disertai penambahan denyut nadi ,namun pada sebagian penderita namun pada sebagian penderita dapat dijumpai justru sebaliknya yaitu bradikardi.

c. Lidah kotor berselaput putih dan tepi hiperemis disertai stomatitis.

Tanda ini jelas muai nampak pada minggu ke dua berhubungan dengan infeksi sistemik dan endotoxin kuman.

d. Heptomegali dan splenomegali

Pembesaran hepar dan lien mengindikasikan infeksi RES yang mulai terjadi pada minggu ke II

e. Tanda Murphy Positif

Menandakan infeksi kandung empedu.

f. Peristaltik

Dijumpai penurunan peristaltik atau bahkan hilang.

g. Distensi abdomen dan nyeri

h. Konstipasi atau diare

Konstipasi terjadi pada minggu I dan selanjutnya dapat terjadi diare

i. Hematemesis dan melena

Dapat terjadi perdarahan ulkus illeum yang akan menyebabkan hematemesis, dan melena, distensi abdomen, hipoperistaltik / aperistaltik.

j. Tanda-tanda gangguan sirkulasi akibat perdarahanyaitu:

- Perubahan tanda-tanda vital,khususnya nadi dan tekanan darah

- Kulit pucat, akral dingin.

- Penurunan kesadaran

k. Tanda-tanda Peritonitis

- Suhu tubuh sangat tinggi

- Distensi abdomen dan tegang

- Kesadaran menurun

- Aperistaltik

-

l. Pemeriksaan Darah

Kadar Hb., Ht.

Leukosit dan Diff.

Khas penurunan leukosit oleh karena endotoxin kuman menekan RES dalam memproduksi leukosit.

 

B. Pemeriksaan Penunjang Gaal cultur dan Widal

Mengukur kadar/titer antigen soma dan flagel ( titer O dan H ). Yang lebih akurat adalah kadar titer O. Peningkatan kadar titer ini menggambarkan virulensi kuman. Gaal adalah biakan cairan empedu, hasil yang diharapkan adalah biakan caiarn empedu,hasil yang diharapkan adalah berupa gaal positip/negatif

5. Diagnosa Keperawatan Yang mungkin Dijumpai pada pasien dengan typhus Abdominalis yaitu:

1. Nutrisi / cairan elektrolit kurang dari kebutuhan tubuh,b/d anoreksia, gangguan digesti dan absorbsi nutrien.

2. Gangguan rasa nyaman b/d peningkatan suhu tubuh akibat proses infeksi kuman Salmonella.

3. Resiko terjadi komplikasi ( perdarahan, ferforasi dan peritonitis ) b/d perlukaan ulkus intestinal.

4. Intoleransi aktivitas b/d kelemahan fisik dan penurunan kesadaran

6. Perencanaan Keperawatan

 

Diagnosa

Tujuan / Kriteria

Intervensi

Rasional

Nutrisi / cairan elektrolit kurang dari kebutuhan tubuh b/d anorexia, gangguan digesti dan absorbsi nutrien.

Tujuan:

Mempertahankan kebutuhan nutrisi yang optimal

Kriteria :

•Berat Badan dalam batas normal

•Kadar Hb. Dan Albumni dalam batas normal.

Berikan diet tinggi kalori tinggi protein

Upayakan peningkatan nafsu makan:

•sajikan makanan semenarik mungkin

•Porsi kecil sesuai kemampuan pasien

•Lakukan oral hygiene secara teratur, 2x / hari dan kumur-kumur sebelum dan sesudah makan

•Kolaborasi pemberian nutrisi parenteral, bila nutrisi per oral sulit dicapai

•Timbang berat badan setiap 3 hari bila memungkinkan.

•Monitor pemeriksaan Hb. Dan Albumin.

Membantu mengganti kalori yang hilang serta mempercepat pemulihan.

Membantu meningkatkan intake.dalam upaya pemenuhan nutrisi

Nutrisi parenteral ,berfungsi sebagai pengganti fungsi pencernaan

Evaluasi peningkatan nutrisi.

Indikator kecukupan nutrisi.

Gangguan rasa nyaman b/d peningkatan suhu tubh akibat proses infeksi kuman Salmonella.

Tujuan :

Mempertahankan rasa nyaman

Kriteria

Peningkatan suhu tubuh dapat terkontrol.

Upayakan penurunan suhu tubuh dengan berbagai cara;

Pertahankan ventilasi udara yang cukup di ruangan.

Beri komprers hangat pada daerah kuduk,axilla atau lipatan paha

Gunakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat

Bila suhu tubuh sangat tinggi,dimana kompres hangat tidak berhasil, gunakan lah kompres hangat seluruh tubuh.

Tempatkan pasien pada ruangan yang sejuk

Tingkatkan hidrasi per oral bila kesadaran baik dan tidak ada k i.

Kolaborasi pemberian obat-obatan; golongan analgetik bila dengan intervensi perawatan suhu tubuh tidak turun.

Proses konveksi

Proses konduksi

Proses evaporasi

Peningkatan suhu tubuh satu derajat celcius membutuhkan tambahan hidrasi 5-10 cc / kg BB / hari

Menurunkan suhu tubuh.

Resiko terjadi komplikasi (perdarahan, ferforasi atau peritonitis ) b/d perlukaan ulkus intestinal

Tujuan :

Komplikasi tidak terjadi

Kriteria ;

Fungsi hemodinamik baik

Perdarahan tidak terjadi

Tanda-tanda ferforasi tidak terjadi.

Diskusikan pentingnya istirahat total di tempat tidur sampai 3 hari bebas panas

Ukur intake cairan baik per oral maupun parenteral.

Monitor secara ketat tanda-tanda komplikasi seperti; hematemesis, melena, distensi dan defens muskuler abdomen, penurunan kesadaran, hipotensi, takhikardia, bradi kardi, dan peningkatan suhu tubuh yang terlalu tinggi.

Hindarkan intake makanan yang keras, merangsang serta bergas.

Berikan obat-obatan sesuai dengan program terapi dokter.misalnya kloramfenikol dan roborantia.

Kolaborasi dengan dokter bila ada tanda-tanda komplikasi.

Mencegah terjadinya ferforasi

Evaluasi keseimbangan cairan

Mengantisipasi komplikasi yang lebih hebat

Mengurangi peristaltik

Obat pilihan untuk penanganan typhus Abdominalis (sensitivitas tinggi terhadap Salmonella).

Penanganan cepat, mengurangi mortalitas.

Intoleransi aktivitas b/d kelemahan fisik, penurunan kesadaran

Kebutuhan aktivitas sehari-hari terpenuhi

Kriteria ;

Klien dapat menjaga kebersihan diri.

Klien dapat melakukan aktivitas sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Makan / minum, eliminasi terpenuhi.

Bantu semua aktivitas klien di tempat tidur{

Mandikan pasien s/d kebutuhan ganti pakaian setiap hari dan sewaktu-waktu jika kotor, buang air besar dan kecil dibantu ditempat tidur ,suapi pasien jika makan, miringkan pasien secara teratur setiap 3 jam, lakukan massage pada daerah yang tertekan dan beri minyak pelembab, lakukan latihan fisik pasif pada extremitas 2X/hari.

Kaji respon pasien setiap kali melakukan aktivitas,bila terjadi peningkatan suhu, batasi aktivitas.

Beri penghalang disisi tempat tidur, bila kesadaran menurun.

Mencegah terjadinya komplikasi, sampai tiga hari bebas panas.

7. Pendidikan Kesehatan :

Pengetahuan tentang hidup sehat perlu disampaikan pada pasien dan keluarga untuk mencegah infeksi ulang karena kuman yang sama, pendidikan ini mencakup :

8. Penyediaan makanan sehat

Pengolahan makanan sesuai dengan cara sehat.

Menggunakan air bersih yang sehat.

Mencegah binatang /serangga mencemati makanan.

Hindarkan mengkonsumsi makanan yang tidak terjamin kebersihannya.

9. Kebersihan perseorngan yang baik;

Mencuci tangan sebelum makan, dan selalul menggunakan sendok.

Kuku selalu pendek dan bersih

Mencuci tangan dengan sabun pada waktu cebok sehabis bab.

10. Kebersihan lingkungan tetap terjaga.

Cegah perkembangbiakan vektor.( tumpukan sampah, lantai kotor,WC. Terbuka dan kotor )

Bersihkan lingkungan dalam dan sekitar rumah setiap hari.

Cegah aliran air kotor yang tersumbat.

 

Daftar Pustaka

Marilyn E. Doenges, et al, (2000), Rencana Asuhan Keperawatan,Penerbit buku Kedokteran EGC, Jakarta.

M.Sjaifoellah N, et al, (1996), Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, FKUI, Jakarta.

Wolf, el al, (1984),Dasar-Dasar Ilmu Keperawatan, PT.Jaya Pirusa, Jakarta.

 

 

ANALISA DATA

No

Data

Penyebab

Masalah

1.

S. : Nyeri Kepala

O : Suhu 39°C, Nadi 88 x/menit

Proses infeksi kuman salmonella typosa

Masuk saluran pencernaan bersama makanan dan minuman

Usus halus

Masuk aliran darah

Bakterimia

Hipertermia

Hipertermia

2

S. : mual-mual

O : Berkeringat

Intake cairan kurang

Resiko tinggi kekurangan cairan tubuh

3.

S : Gelisah

O : kebutuhan pasien dilayani di tempat tidur

Tirah baring

Gangguan pemenuhan ADL

RENCANA TINDAKAN PERAWATAN

Tgl.No.

Diagnosa Keperawatan dan hasil yang diharapkan.

Rencana Tindakan

Rasional

Mahasiswa

90402 1

Hipertermia b/d proses infeksi kuman salmonella

Harapan :

•Suhu tubuh normal (36-37°c), pasien mengatakan tidak panas lagi

•Beri kompres dingin

•Observasi Suhu, Nadi, Pernafasan dan Tensi

• Laksanakan program medik (antibiotika, antipiretika,ambil darah kultur)

• Proses konduksi

• Mengetahui perkembangan pasien

• Meredam pertumbuhan virulensi kuman

2.

Resiko tinggi terhadap kekurangan volume cairan tubuh b/d intake cairan kurang.

Harapan :

•Kekurangan tidak terjadi

•Mual-mual redah

•Minum mau

•Beri minum pasien sedikit-sedikit

•Berikan cairan infus RL;D10 (2:2) 28 tts/menit.

•Catat intake dan output.

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

3.

Gangguan ADL b/d tirah baring

Harapan :

• Kebutuhan ADL terpenuhi

• Pasien berpartisipasi u/ makan minum mandi eliminasi dalam tirah baring.

• Jelaskan manfaat tirah baring terhadap penyakit pasien.

• Berikan bantuan untuk pemenuhan makan minum eliminasi dalam tirah baring.

• Pasien dapat berpartisipasi dalam pemenuhan ADL.

• Terpenuhinya ADL pasien

TINDAKAN KEPERAWATAN

Tgl.

Jam

Tindakan Keperawatan

Mahasiswa

9-4-02

08.00

09.00

10.30

11.00

12.00

12.15

13.30

•Membantu memberikan makan, minum

•Mengukur suhu aksila 38°c, nadi 100 x/menit, Tensi 110/70 mmHg,RR 20x/m

•Membantu membantu melakukan eliminasi urine dengan urinal

•Mengganti cairan infus RL28 tts/m

•Mengukur suhu aksila 38°c Nadi100 x/m

Tensi 120/70 mmHg RR 20 x/m

•Kolaborasi dengan dr. u/ terapi obat.

•melakukan ronde dengan mahasiswa jaga sore u/ perawatan selanjutnya.

10-4-02

8.00

8.15

9.00

9.30

10.00

12.00

13.00

13.30

•Memberikan makan minum

•Mengganti infus D 10 tts 28 tts/m

•Mengukur suhu 39,5°c Nadi 92x/m Tensi 120/90 RR 20x/m

•Menanyakan pasien keadaan sebelumnya, pasien mengeluh sakit kepala,panas dan dapat obat antipiretik.

•Menanyakan obat pagi sudah dimunum atau belum

•Menginformasikan ke pasien pentingnya memperhatikan tirah baring supaya tidak memperberat keadaan (suhu stabil)

•Pasien tidur

•Mengukur suhu 39,3°,Nadi 92 x/m, Tensi 120/80mmHg, RR 20 x/m

•Membantu memberi makan minum

•Mengadakan ronde untuk perawatan pasien selanjutnya.

 

11-4-02

14.00

16.00

17 45

18.00

•Mengkaji dengan menanyakan keadaan dan pasien cemas karena dilakukan pemeriksaan darah u/HIV cito.

•Menjelaskan pada pasien baru diperiksa hasilnya belum tahu.

•Menanyakan mengenai perkawinan

•Mengukur suhu 36,6°c, Nadi 88x/m, tensi 120/80 mmHg, RR 16x/m.

•Memberi makan minum

•Mengingatkan pasien u/ minum obat anti biotika Ciprofloxacin tablet 500mg .

 

EVALUASI

Tgl & No

Diagnosa

Evaluasi

Mahasiswa

11-4-02

1

•Hipertermi b/d proses infeksi kuman salmonella typosa

O :Suhu tubuh jam 09.00 36,8°c

Suhu tubuh Jam 12.00 36,9°

Suhu tubuh jam 16.00 36,6°

S :Pasien tidak merasa panas lagi

2.

•Resiko Tinggi terhadap kekurangan cairan tubuh b/dIntake cairan yang kurang

O :infus sudah di af.

S : Mual-mual berhenti

 

3.

Gangguan ADL b/d tirah baring

O : •Pasien ke kamar mandi sendiri

•Pasien sudah bisa ngobrol dengan perawat sambil duduk di kursi sebelah perawat.

S : Pasien mengatakan segar, enak.

 

http://bahankuliahkesehatan.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More